APA SIH SEBENARNYA MANFAAT ALMOND UNTUK KESEHATAN TUBUH? – RS. MITRA MEDIKA PREMIERE

RS. Mitra Medika Premiere

Kamu mungkin pernah mengonsumsi kacang almond. Kacang bertekstur renyah ini dikenal memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.
Selain menjadi kudapan, kacang almond sering kali dijadikan pelengkap untuk menambah daya tarik dan kelezatan makanan. Siapa sangka, kacang almond ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.
kacang almond mengandung antioksidan, vitamin E, serat, dan protein. Kacang almond memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kira-kira apa saja ya manfaat kacang almond bagi kesehatan?

Kandungan nutrisi pada kacang almond

Di dalam 100 gram kacang almond panggang terkandung nutrisi sebagai berikut:
• 20 gram protein
• 20 gram karbohidrat
• 11 gram serat
• 280 miligram magnesium
• 470 miligram fosfor
• 700 miligram kalium
• 24 miligram vitamin E
• 3,5 miligram zat besi
• 268 miligram kalsium
• 3,3 miligram zinc
• 55 mikrogram folat
Kacang almond juga kaya akan lemak sehat dan antioksidan serta memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada jenis kacang lainnya. Berkat kandungan gizinya yang tinggi, kacang almond layak dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui.
Sumber nutrisi bagi tubuh
Almond mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh. Di dalam 28 gram almon, terkandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, dan 14 gram lemak. 
Almond juga memiliki 37 persen vitamin E, 20 persen magnesium, dan 32 persen mangan dari asupan yang disarankan. Selain itu, vitamin B2 dan fosfor dalam jumlah cukup juga terkandung di dalam almond.
 
Menjaga tekanan darah tetap stabil
kacang almond bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Kacang almond mengandung magnesium yang cukup tinggi. Kandungan magnesium inilah yang baik bagi seseorang dengan riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi.


Mengontrol gula darah
Khasiat kacang almond berikutnya, yaitu menstabilkan kadar gula darah. Tentu ini menjadi kabar baik bagi penderita diabetes
Kandungan magnesium di dalam almond bisa bantu mengontrol gula darah diabetesi (penderita diabetes). Efek positif tersebut juga berasal dari kemampuan kacang almond dalam membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Dengan begitu, kadar gula dalam tubuh jadi lebih stabil.
 
Membantu menguatkan tulang
Kacang almond mengandung magnesium, kalsium, protein, zinc, tembaga, dan vitamin K yang dapat berguna dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Semua kandungan yang sudah disebutkan, dapat menguatkan kondisi tulang.


Mengurangi resiko penyakit jantung
Kolesterol jahat adalah salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain mengurangi kadarnya, almond juga berperan mencegah oksidasi LDL yang bisa menimbulkan penyakit jantung.
Sebuah riset pada hewan menunjukkan bahwa kulit almond kaya antioksidan polifenol yang bisa mencegah oksidasi kolesterol. Diduga, manfaat tersebut bisa lebih optimal jika almond dikonsumsi bersama vitamin E. 
 
Mengurangi rasa lapar
Almond tinggi kandungan protein dan serat yang bisa bikin kamu kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori.
Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi 43 gram almond setiap hari bermanfaat menurunkan rasa lapar dan keinginan makan berlebih.
 
Mencegah terjadinya sembelit
Almond merupakan kacang-kacangan dengan kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Orang yang menderita sembelit pada umumnya memiliki tinja yang keras dan padat. Nah, serat di dalam kacang almond dapat meningkatkan volume tinja dan melembutkannya, sehingga tinja lebih mudah dikeluarkan.
Oleh karena itu, rutin mengonsumsi makanan tinggi serat, termasuk kacang almond, dapat mempermudah dan melancarkan buang air besar.
 
Mengurangi resiko stroke
Beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat kacang almond termasuk bisa mengontrol tekanan darah tinggi dan mengurangi kadar kolesterol jahat LDL di dalam tubuh.
Tekanan darah tinggi dan penumpukan kolesterol jahat merupakan faktor risiko terjadinya stroke. Apabila tekanan darah tinggi dan timbunan kolesterol jahat berkurang, risiko terjadinya stroke pun bisa dikurangi.
 
Menutrisi kulit
Kacang almond juga bermanfaat untuk menutrisi kulit, terutama bila diolah menjadi minyak. Minyak almond mengandung vitamin A yang bisa mengurangi jerawat, serta vitamin E yang mampu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.
Selain itu, sebuah penelitian menyatakan bahwa minyak almond juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, seperti eksim, dermatitis, dan kulit gatal.
 
Mencegah kemungkinan terjadi Alzheimer
Sebuah penelitian dalam New England Journal of Medicine, mengungkapkan bahwa mengonsumsi alpha-tocopherol sebanyak 2000 IU sehari bisa memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.
Alpha-tocopherol adalah suplemen vitamin E. Vitamin E juga terkandung dalam almon. 
 
Menangkal radikal bebas
Kacang almond mengandung vitamin E seperti tokoferol. Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas dan mencegah adanya kerusakan oksidatif dalam tubuh. Radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat menyebabkan kerusakan sel. Selain itu, radikal bebas juga bisa menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan yang lain.

Nah, sudah tahu ya beberapa manfaat kacang almond untuk kesehatan. Jaga kesehatanmu dengan mengonsumsi almond sebagai variasi makanan utama kamu. Lakukan juga olahraga rutin dan beristirahatlah yang cukup.
Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk tahu takaran almond yang aman dikonsumsi sesuai kondisi.

Reviewed by Tim Medis RS. Mitra Medika Premiere