STRETCH MARK DAN BAGAIMANA PENANGANANNYA – RS. MITRA MEDIKA PREMIERE

RS. Mitra Medika Premiere

Stretch mark adalah salah satu permasalahan yang kini banyak dialami oleh wanita khususnya mereka yang sudah menjadi ibu. Walaupun tidak terlalu membahayakan, tetapi hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu penampilan wanita. Oleh sebab itu, agar penampilan tetap menarik di depan dan percaya diri, Menghilangkan stretch mark yang muncul dan melakukan pencegahannya sangatlah penting.

Pengertian stretch mark atau selulit

Selulit adalah istilah yang digunakan untuk mengambarkan kondisi kulit yang memiliki lesung dan tampak bergumpal. Keadaan ini lebih banyak ditemukan pada wanita daripada pria. Diperkirakan 80 hingga 90 persen wanita memiliki selulit.
Dalam dunia medis, selulit dikenal juga dengan edematous fibrosclerotic panniculopathy (EFP). Kondisi ini pada dasarnya tidak membahayakan jiwa orang yang memilikinya. Meski demikian, selulit bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Penyebab terjadinya Selulitis

Kolagen adalah protein yang terdapat didalam kulit yang membuat kulit lebih elastis. Selulit terjadi ketika tubuh tumbuh dengan cepat karena alasan apapun dan jaringan kolagen dan elastin pada kulit tidak dapat mengimbangi peregangan kulit tersebut, akibatnya terdapat robekan pada jaringan kolagen dan menimbulkan tanda khas pada kulit, yaitu garis panjang tipis dan bergelombang, yang disebut dengan striae.
Kulit terdiri dari 3 lapisan, yaitu epidermis atau kulit luar, dermis atau kulit bagian tengah, dan lapisan subdermis, kulit bagian dalam yang terdapat timbunan lemak. Selulit terbentuk di lapisan dermis, atau lapisan tengah yang merupakan lapisan paling kaya akan kolagen. Ketika jaringan ikat seperti kolagen diregangkan melampaui batas elastisitasnya menyebabkan jaringan ikat ini robek dan menimbulkan tanda di kulit. Hal ini biasanya disebabkan oleh ekspansi atau peregangan kulit yang cepat.

Cara menghilangkan stretch mark dengan alami maupun medis.

Stretch mark adalah garis halus dan sering kali muncul pada kulit yang memiliki tumpukan lemak yang cukup tinggi, seperti paha, perut, bokong, dan lain sebagainya.
Cara paling efektif yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stretch mark yaitu dengan mendapatkan tindakan medis, seperti perawatan laser, penggunaan krim topikal, microneedling, dan lain sebagainya.
Di sisi lain, banyak orang yang memercayai penggunaan bahan alami dapat menghilangkan stretch mark. Perlu diluruskan, penggunaan bahan alami sebenarnya bukan untuk menghilangkan stretch mark sepenuhnya, melainkan hanya akan memudarkan atau menyamarkan saja.
Alami
Menggunakan gel lidah buaya  Gel lidah buaya diketahui mengandung senyawa yang memberikan efek melembapkan dan menenangkan sehingga akan membantu proses regenerasi kulit. Apabila regenerasi kulit berjalan optimal, stretch mark pun dapat tersamarkan.
Menggunakan campuran madu dan garam  Cara memudarkan stretch mark yang terakhir yaitu dengan menggunakan campuran madu dan garam. Sama seperti gel lidah buaya, madu diketahui memiliki kandungan yang bersifat melembapkan dan menenangkan. Sedangkan, garam pada campuran tersebut berfungsi hampir sama dengan eksfoliasi, yaitu sebagai scrub yang membantu mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu, proses regenerasi kulit menjadi lebih optimal.
Menggunakan minyak vitamin E  Minyak vitamin E telah dikenal sebagai zat yang dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit, tidak terkecuali dengan stretch mark. Hal ini dikarenakan minyak vitamin E dapat membantu produksi kolagen, meningkatkan kelembapan serta elastisitas kulit.
– Menggunakan minyak zaitun  Memijat kulit menggunakan minyak zaitun bisa Anda lakukan untuk menyamarkan stretch mark. Minyak zaitun diketahui memiliki kandungan vitamin E sehingga membantu pembentukan kolagen pada kulit. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung linoleic acid yang mampu menjaga kandungan air pada kulit, sehingga elastisitas kulit pun terjaga dan proses regenerasi kulit dapat berjalan lebih optimal.
Medis
Menggunakan krim topical  Cara mengatasi stretch mark berikutnya bisa dicoba dengan menggunakan krim topikal. Ada dua jenis krim topikal yang umumnya diresepkan dokter untuk memudarkan stretch mark, yaitu krim retinoid dan krim asam hialuronat.
Eksfoliasi  Eksfoliasi adalah cara mengatasi stretch mark untuk membantu membersihkan sel kulit mati berlebih. Perawatan eksfoliasi memang sering dilakukan pada kulit wajah, namun Anda bisa menerapkan cara ini untuk mengatasi stretch mark pada area kulit lain. Walau tidak dapat menghilangkan stretch mark sepenuhnya, eksfoliasi bisa Anda lakukan untuk merawat kulit stretch mark agar guratannya tidak semakin parah dan dapat menyamarkan warna dari stretch mark tersebut.
Microneedling  Microneedling adalah tindakan medis untuk mengatasi stretch mark menggunakan sebuah alat khusus bernama dermaroller. Alat ini berbentuk roller dengan jarum-jarum kecil di sekitarnya. Dermaroller akan meninggalkan bekas titik-titik halus pada permukaan kulit sehingga merangsang produksi kolagen dan elastin yang berfungsi dalam regenerasi kulit.

Mengontrol berat badan

Cara pencegahan stretch mark yang terakhir adalah melakukan pengaturan berat badan agar tetap ideal. Seperti diketahui, ibu hamil biasanya akan lebih besar terkena resiko stretch mark karena berat badan mereka naik secara drastic. Jika berat badan naik, maka timbunan lemak pada bagian khusus seperti perut juga akan ikut naik dan membesar. Hal ini tentunya akan memicu kemunculan stretch mark pada kulit.
Stretch mark adalah suatu hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Wanita harus melakukan pencegahannya sedini mungkin agar stretch mark tidak muncul dan menganggu penampilan.
Tidak perlu khawatir, stretch mark bukanlah suatu penyakit yang berbahaya. Pada beberapa orang stretch mark pun bisa hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Sehingga stretch mark tidak memerlukan perawatan dan pengobatan khusus.
Akan tetapi, jika stretch mark pada kulit terasa mengganggu karena alasan tertentu, silahkan konsultasikan keluhan tersebut kepada dokter spesialis kulit yang terpercaya guna mendapatkan solusi maupun penanganan akan stretch mark yang dikeluhkan.

Reviewed by Tim Medis RS. Mitra Medika Premiere